Semangat sumpah pemuda


Delapan puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928,merupakan titik awal kebangkitan persatuan, dan kesatuan  bangsa indonesia utuk meraih kemerdekaan hakiki tujuh belas tahun kemudian. Karena pada saat itulah, sejarah mencatatkan bahwa pemuda indonesia telah bersatu, mengikrarkan sumpah, yang kita kenal dengan SUMPAH PEMUDA.
Sumpah pemuda, yang mereka ikrarkan, memberikan efek yang begitu besar terhadap semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya merebut kembali kemerdekaan dan kedaulatan bangsa, yang telah lebih dari tiga abad dikuasai bangsa pendatang, bangsa penjajah. Para pemuda dari semua penjuru nusantara menyatukan hati, bersatu dalam semangat perjuangan yang membara, satu tujuan untuk merdeka, lepas dari cengkraman dan monopoli penjajah.
Jong Java, Jong Sumatera, Jong Celebes, Jong Ambon, seluruh pemuda bangsa, menyadarkan dan membangkitkan persatuan bangsa kepada seluruh lapisan masyarakat indonesia. Mereka tak lagi berjuang dengan kelompok mereka masing-masing, tak lagi ada perbedaan antar ras, budaya, dan agama, karena mereka telah bersumpah:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga


Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

 Apa yang mereka telah lakukan ini, semangat persatuan yang mereka tularkan, telah memudar.
Persatuan antar masyarakat indonesia saat ini, justru berkurang. padahal saat ini kita tak harus berjuang seperti mereka, kita hanya mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat
Dengan semangat persatuan sumpah pemuda ini, mari kita satukan hati, bersatu untuk kemajuan bangsa dan negara kita Indonesia