Kontroversi Valentine

Artikel ini spesial saya posting teruntuk sahabat saya Anteng Isnanto
Apapun bisa menjadi Kontroversi di Indonesia, termesuk Valentine Day. Ada berbagai macam sikap dan pendapat mengenai hari kasih sayang yang identik dengan sebutan Valentine Day. Ada golongan yang sangat anti terhadap hari Valentine namun ada beberapa golongan yang setuju pelaksanaan Valentine day didalam kehidupan keluarga maupun masyarakat. Menilik sejarah singkat Valentine day adalah sebuah penghormatan terhadap seorang yang bernama Valentine yang melakukan penolakan kebijakan Claudius II kala itu. Kebijakan Claudius II adalah melarang prajurit untuk menikah agar mendapatkan prajurit yang handal ketika perang karena tidak terbebani dengan masalah cinta dan keluarga, namun Valentine tetap menikahkan pasangan yang ingin menikah dan mengikat janji suci. Akibat perbuatannya ia harus dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Namun sebelum dijatuhi hukuman mati, Valentine sempat menulis surat kepada gadis pujaannya yang terkenal sampai sekarang dengan judul "From Your Valentine".

Beberapa golongan yang anti dan menolak Valentine day beranggapan bahwa itu adalah budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya timur dan memperingati hari Valentine itu sama saja dengan memberikan penghormatan terhadap seseorang yang tidak sesuai dengan agama yang dianutnya. Namun bagi yang setuju dengan Valentine Day berpendapat bahwa hari valentine bukan terfokus pada penghormatan seseorang namun keberadaan kasih sayang dan cinta sejati yang patut mendapat apresiasi. Kontroversi valentine day dengan berbagai atribut seperti SMS valentine, malam Valentine dan hadiah boneka Valentine bagi golongan yang menolak Valentine day adalah hal yang harus dijauhi dan yang lebih parah adalah golongan yang menolak Valentine karena alasan agama Valentine yang bukan bersal dari agama yang dianutnya.

Namun dari berbagai macam kontroversi yang ada adalah keprihatinan Valentine yang berubah menjadi sebuah Industri dengan berbagai macam atribut yang menutupi esensi Valentine itu sendiri. Semangat berkorban dan memberi yang terbaik dari sejarah Valentine berubah menjadi sebuah obral cinta dan dagangan barang seputar hadiah Valentine. Namun dibalik semua fenomena Valentine, semangat untuk menghadirkan cinta sejati dan kesetiaan yang diupayakan oleh Valentine seharusnya kita hargai dan tidak menautkannya dengan agama yang dianutnya karena hari Valentine bukanlah hari besar agama dan tidak setiap tokoh dan pahlawan beragama sama dengan agama yang kita anut. Tul gak ? Selamat menikmati cinta dan kesetiaan deh dihari Valentine buat para pejuang cinta dan selamat melanjutkan kampanye damai pemilu indonesia 2009 sebagai bentuk dukungan kampanye damai untuk Indonesia

5 Respon

ok dj..... special post and gwe stuju bgt.... :p

Reply

oke.. satu inspirasi tu....

Reply

ini diaa.... loe tau tau aja yang mo gw cari

Reply

bank use q sich emg dri dulu g ska ma rang yng rayain vlentine day nich....

Reply

anggapan semua orang memang berbeda yang penting saling instropeksi diri n menciptakan suasana yang penuh dengan toleransi apapun agama yang di anut sah2 saja d Indonesia dan Valentine day bukan masalah besar yang harus d perdebatkan oleh sesama manusia beragama.

Reply