MySQLi, masa depan MySQL Extension untuk versi terbaru dari PHP

Jika anda memiliki project yang menggunakan MySQL dan masih menggunakan Original MySQL API (contohnya mysql_connect(), mysql_fetch_row() dan sebagainya), bersiaplah untuk merombak script project anda tersebut jika saja suatu waktu server anda meng-upgrade versi PHP nya. Lho? kenapa? ya karena sejak di rilisnya php 5.5, API tersebut telah deprecated (tidak didukung lagi), sebagai gantinya kita harus menggunakan API dari Mysqli (i kependekan dari improved) yang disediakan untuk mengakses fungsionalitas MySQL 4.1 keatas.

Tapi jangan khawatir berlebihan terlebih dahulu, rasanya sama kok dengan ketika anda terbiasa memakai Mysql terus tiba-tiba anda harus membuat project dengan database Postgre, tidak banyak perbedaan yang signifikan terkait function-functionnya. Hal yang baru -dan paling menarik bagi saya- adalah mysqli ini menyediakan interface untuk Object Oriented Programming (OOP) selayaknya ekstensi untuk SQLite, kerennya lagi, kita dapat memilih akan menggunakan cara prosedural seperti biasa atau OOP. 

Lalu timbul pertanyaan, bagaimana jika saya tetap ingin menggunakan mysql original API? jika anda melontarkan pertanyaan demikian kepada saya, saya akan menjawab "Boleh-boleh saja", tetapi tentu ada konsekuensinya, bagaimana project anda bisa berjalan di masa depan? cepat atau lambat, tentu kita harus mengikuti laju arus perkembangan, bukankah akan lebih mudah untuk menyongsong masa depan daripada sibuk memaksakan masa lalu?

So, mari kita sama-sama belajar untuk mempersiapkan masa depan kita


1 Respon:

Pingin Punya Website sendiri, Pingin Belajar Membuat Website Sendiri, Atau Pingin buat website sendiri
agan-agan bisa deh klik Link dibawah ini.

CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI

JASA MEMBUAT WEBSITE

BELAJAR MEMBUAT WEBSITE

JASA TEMPLATE WEBSITE

SOFTWARE UNTUK MEMBUAT WEBSITE

MERANCANG WEBSITE SENDIRI

MERANCANG DATABASE WEBSITE

Reply